Sejarah Terbentuknya SUPER JUNIOR

Standard

Sejarah Super Junior

Super Junior, atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu , merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005.

Pre-debut

Sejak akhir 1990-an, agen bakat Korea dan label rekaman SM Entertainment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yang melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee, di pertengahan 1990-an. Leeteuk dan Eunhyuk adalah dua anggota pertama kelompok untuk direkrut pada tahun 2000 di bawah SM’s Starlight Casting System di Seoul.

Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka di luar negeri mengadakan casting audisi dan menemukan Han Geng di Beijing, terpilih di antara tiga ribu pelamar. Pada tahun yang sama, Yesung ditemukan pada Seoul’s casting system bersama temanya, Heechul, Sungmin dan Donghae juga dipilih untuk menjadi trainee setelah penampilan mereka dalam sebuah kontes yang disponsori SM. Pada tahun 2002, Kang-In dan Kim Heechul direkrut bersama dengan Kibum, yang ditemukan di Los Angeles. Siwon di-casting pada tahun 2003 dan Ryeowook pada tahun 2004, di mana yang terakhir ini ditemukan melalui Chinchin Youth Festival. Pada tahun 2005, Shindong dipilih.

2005-2006: Proyek Super Junior

Super Junior 05 memulai debutnya pada program musik SBS Online Songs pada tanggal 6 November 2005, melakukan single pertama mereka, “TWINS (Knock Out).” Tunggal digital dengan “TWINS (Knock Out)”, “You are the One”, dan tiga lagu tambahan yang dirilis secara online pada 8 November. CD fisik dijadwalkan akan dirilis pada minggu berikutnya, tetapi album yang lebih lengkap, SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada 6 Desember 2005 sebagai gantinya. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan debutnya di # 3 di chart bulanan Desember 2005. Pada bulan yang sama, mereka merilis “Show Me Your Love,” sebuah kolaborasi tunggal dengan TVXQ . “Show Me Your Love” menjadi catatan terlaris Desember 2005, menjual 49.945 salinan bulan itu.

Pada Februari 2006, Super Junior 05 mulai pertunjukan untuk “Miracle”, yang kedua tunggal promosi dari album debut mereka. “Miracle” adalah single pertama kelompok puncak # 1 di chart musik online dari Korea Selatan serta tangga musik Thailand, gambar bunga dari pasar internasional. Sebagai promosi untuk “Miracle” berakhir, SM Entertainment mulai memilih anggota baru untuk Super Junior line-up proyek kedua, Super Junior 06. Perusahaan bahkan menyiapkan daftar anggota yang dipilih yang lulus dari grup. Namun, tidak ada anggota dibawa keluar dan anggota ketiga belas ditambahkan, bukan pada Mei 2006. Line-up proyek telah ditinggalkan sejak itu, dan kelompok hanya dikenal sebagai Super Junior, tanpa akhiran “05″.

2006-2007: Terobosan Sukses

Pada 23 Mei 2006, SM Entertainment mengungkapkan ketiga belas anggota Kyuhyun, yang ditemukan melalui kompetisi menyanyi pada tahun 2005. Mereka merilis single “U” online untuk download gratis pada 25 Mei 2006 di website resmi mereka. “U” memiliki lebih dari 400 ribu download dalam waktu lima jam dan pada akhirnya rilis melebihi 1,7 juta download, menerjang server. Tunggal fisik dari “U” dengan total tiga lagu ini dirilis pada 6 Juni 2006, akhirnya terjual lebih dari 81.000 unit . Tunggal Korea menjadi salah satu lagu paling populer sepanjang tahun, menghasilkan # 1 spot selama lima minggu berturut-turut pada dua dari atas Korea program musik. Pada akhir tahun, Super Junior dikumpulkan selama tujuh penghargaan di lima dari Korea Selatan atas upacara penghargaan musik, meraih gelar sebagai Best New Group of 2006.

Super Junior sub-unit pertama, balada-menyanyi trio Super Junior-KRY, memulai debutnya pada tanggal 5 November 2006 dengan pertunjukan lagu Hyena tema “The One I Love” pada program musik KBS Music Bank. kedua sub – unit tiba pada bulan Februari 2007 yang disebut Super Junior-T. Yang berlari-kelompok bernyanyi merilis single pertama mereka “Rokkugo” di 23 Februari 2007 dan membuat debut performa di Lagu-lagu Populer dua hari kemudian.

Super Junior album resmi kedua ini dimaksudkan untuk akhir tahun 2006 rilis, namun karena kebetulan beberapa kemunduran, Jangan Don tidak dirilis hingga 20 September 2007. Dalam tiga hari pertama dirilis, penjualan album offline untuk Don Jangan melewati tanda 11.000 unit, memulai debutnya sebagai # 1 di semua tersedia offline grafik.

Didukung oleh pelepasan Don’t Don, Super Junior dinominasikan dalam tujuh kategori terpisah pada 2007 M.NET / KM Music Festival yang digelar di 17 November, 2007. Super Junior memenangi tiga kategori tersebut termasuk “Netizen Choice Award” dan “Mobile Popularitas”, menjadi pemenang terbesar malam. Grup juga memenangkan “Best Artist of the Year” (Daesang), disebut oleh banyak orang sebagai pengakuan tertinggi dari upacara. Super Junior mengumpulkan dua penghargaan pada 14 Desember 2007 di 2007 Golden Disk Awards. Walaupun dikalahkan oleh SG Wannabe memenangkan “Daesang”, Super Junior memenangkan “Bonsang” dan “Popularity Anycall TPL Award”, yang diharapkan dilaporkan sebagai kemenangan bagi kelompok oleh media setelah keberhasilan Don’t Don.

2008-saat ini: Luar Korea

Pada tanggal 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-unit ketiga Super Junior, Super Junior-M, sebuah subkelompok yang ditujukan untuk pasar Cina. Sementara pembentukan subkelompok singkat menciptakan kontroversi di antara para penggemar dan manajemen, Super Junior-M menjadi sebuah kesuksesan fenomenal di Cina, memiliki kesempatan untuk memiliki dua terjual habis konser di Hong Kong, atas peringkat mingguan dengan penampilan mereka di berbagai program, dan menjadi kelompok berhala yang paling pengesahan kontrak di China. Dengan tidak adanya hampir separuh dari anggota di Korea, sub-unit keempat Super Junior ini terbentuk pada tahun yang sama untuk mencegah Super Junior dari menghilang dalam industri musik Korea. Dengan lima anggota dari Super Junior-T dan Yesung, mereka membentuk subkelompok, Super Junior-Happy. Super Junior-Happy merilis EP “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008, dan promosi berakhir pada 7 September, yang berlangsung selama empat bulan. Pada November 2008, Super Junior-T kembali, kali ini sebagai kelompok bernyanyi di Jepang, yang disebut SuperJunior-TxMoeyan; Moeyan menambahkan grup ini, seorang wanita yang terkenal dua kelompok komedi di Jepang. “ROCK & GO”, sebuah bahasa Jepang versi “Rokkugoh!!”, debut di # 19 di Oricon Charts Harian dan melompat ke # 2 tiga hari kemudian.

Tur besar pertama Super Junior, Super Show, yang dimulai pada 22 Februari 2008 di Seoul. Tur mencakup tiga negara dan telah ditunjukkan pada enam kota yang berbeda, termasuk Bangkok, Shanghai, dan Beijing . Dari 8 Juli – 9 Juli, 2008, Super Junior mengadakan jumpa penggemar pertama mereka di Jepang, di Nippon Budokan di Tokyo, sebagai perayaan untuk pembukaan Homepage Jepang resmi mereka, yang diluncurkan pada 1 April 2008. 12.000 tiket ke jumpa penggemar semua terjual habis dalam beberapa hari. Grup dikompilasi Jepang merilis satu hari berikutnya, yang berjudul “U / TWINS”, yang meliputi versi Jepang “U” dalam rilis terbatas, untuk melengkapi acara. Tunggal memuncak di # 4 di Oricon Jepang Daily Chart di hari pertama rilis, dan turun ke bawah untuk hanya empat tempat dalam detik. Tunggal memecahkan rekor baru untuk menjadi yang pertama tunggal Korea telah membuat dalam top 10 di Oricon Jepang Weekly Chart. Pada tanggal 2 Agustus 2008, Super Junior memperluas rute ke Genting Highlands, Malaysia, menjadi salah satu dari tamu pemain di MTV Asia Awards 2008 bersama dengan artis internasional lainnya seperti OneRepublic dan Jabbawockeez. Mereka adalah seniman SM ketiga yang menang Favorite Artis Korea di MTV Asia Awards setelah Kangta dan BoA, dan yang kedua kelompok musik memenangkan penghargaan setelah JTL pada tahun 2003.

Album ketiga Super Junior, “Sorry Sorry”, dirilis pada 12 Maret 2009 dengan diakui ulasan. Judul album single, “Sorry Sorry” ini dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah preorders diumumkan, lebih dari 150.000 eksemplar pra-perintahnya. “Sorry Sorry” adalah album pertama mereka debut di # 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 eksemplar pada hari pertama, Seo Taiji mengalahkan rekor 25.000. Promosi untuk album mulai Maret 13 dengan kinerja “Sorry Sorry” dan “Why I Like You” di Music Bank. Dua minggu kemudian, “Sorry Sorry” menjadi nomor satu nyanyian minggu pada program yang sama. Selama kinerja kelompok pada program musik Lagu-lagu Populer pada 15 Maret naik ke peringkat setinggi 14%, yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dari Maret-Mei, “Sorry Sorry”mengumpulkan total sepuluh # 1 penghargaan dengan kemenangan berturut-turut di Korea, setelah tunggal menjadi sukses nasional dan internasional. Setelah hanya satu bulan rilis, menjadi album terlaris tahun 2009 di Korea Selatan. Sorry Sorry juga yang kritis dan sukses secara komersial hit di negara-negara Asia lainnya, memilih kelompok untuk menjadi satu-satunya wakil di luar negeri untuk kedua kalinya di Taiwan’s Golden Melody Awards tahunan. Sorry Sorry adalah album bahasa korea terlaris di Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, di mana tercantum di album terakhir menjadi album K-pop yang pertama untuk mencapai # 1 di chart musik dari negara.

13 Mei 2010, Suju kembali mengeluarkan album, Bonamana. Kali ini hanya ada 10 member yang aktif dalam promosi album.

Kibum masih sibuk mendalami karir aktingnya, namun Kibum mengeluarkan statement bahwa dia tidak keluar dari Super Junior. Kangin, setelah dua kasus yang agak sedikit mencemarkan namanya (berkelahi di club dan tabrak), ia di skors dari kegiatan Super Junior. Selanjutnya Kangin memutuskan menjalani Wajib Militernya lebih awal. Dan sampai sekarang Kangin masih berada di Camp Wajib Militer. Dan yang paling bikin sesak napas, adalah masalah kontrak Han Geng. Member asal Cina ini menuntut kontraknya di batalkan. Dia ingin keluar dari Super Junior dengan mengangkat masalah kontrak perbudakan (kontrak yang tidak adil) di SME saat sidang pengadilannya di Korea beberapa saat lalu. Dan sekarang Han Geng resmi bukan member Super Junior lagi. Han Geng juga sudah kembali ke Cina dan telah mengeluarkan album nya sendiri. Kapan-kapan saya akan bahas secara lebih rinci tentang kasus-kasus yang ada di Super Junior.

Dan Setelah Bonamana, Suju mengeluarkan single No Other.

Sumber : wikipedia

About these ads

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s